Fakultas Kedokteran UHN Medan Sukses Gelar Kompetisi Esai Dan Poster (SiEssTer) Tahun 2021

NoHMSIC UHN

Fakultas Kedokteran UHN Medan Sukses Gelar Kompetisi Esai Dan Poster (SiEssTer) Tahun 2021

06 Jun 2021 No Comment 16 Views

Di tengah pandemic Covid 19, Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan sukses melaksanakan Kompetisi Essai dan Poster (SiEssTer) Tahun 2021 dengan tema Pandemic Covid-19. Kompetisi ini diperuntukkan bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran sebagai wadah guna mendorong semangat literasi, kemampuan kritis dan inovatif serta kemampuan penyampaian gagasan/ fakta oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran di Indonesia. Tentunya kompetisi ini membantu mahasiswa untuk tetap bergiat walaupun dirumah aja.

Acara dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom dan live streaming di channel youtube Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan. Acara berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 29 Mei 2021 s/d 30 Mei 2021 dan tanpa dipungut biaya pendaftaran.

Peserta berasal dari berbagai Fakultas Kedokteran di Indonesia yaitu FK Universitas Brawijaya Malang, FK Universitas Sam Ratulangi Manado, FK UKDW Yogyakarta, FK Universitas Andalas, FK Universitas Kristen Indonesia, FK Universitas Lampung, FK Universitas Bengkulu, FK Universitas Baiturrahmah, FK Universitas Ciputra Surabaya, FK Universitas Muhammadyah Palembang, FKIK Universitas Warmadewa Bali, dan FK Universitas HKBP Nommensen sebagai tuan rumah.

Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Dr. dr. Leo Simanjuntak, SpOG, dihadiri oleh Wakil Dekan I Dr.dr.Jenny Ria Sihombing,SpPK; Wakil Dekan II dr.Joice S.Panjaitan,SpKK; Wakil Dekan III dr. Okto P.E. Marpaung, M.Biomed dan dr. Jenny Sitepu, M.Biomed sebagai ketua panitia. Dalam sambutannya Dekan Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk membangun tradisi ilmiah yang kuat bagi mahasiswa khususnya di Fakultas HKBP Nommensen Medan. “Melalui Kompetisi Esai dan Poster ini kita di FK UHN akan membangun tradisi ilmiah yang kuat, berpikir kritis, kreatif. Melalui kegiatan ini, FK UHN Medan turut terpanggil berpartisipasi dalam mengatasi masalah-masalah yang aktual yang sedang dihadapi bangsa seperti Covid-19. Melalui acara ini FK UHKBP Nommensen turut menyebarluaskan informasi tentang Covid-19 agar masyarakat tetap waspada dan patuh menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ucap Leo.

Beliau menjelaskan  Fakultas HKBP Nommensen Medan sedang berbenah untuk meraih akreditasi unggul pada tahun 2023. Untuk itu, Acara Ilmiah seperti ini akan menjadi kalender rutin yang akan dilaksanakan setiap tahun seperti Pertemuan Ilmiah Nommensen Medika Nasional (PINMAS) dan Pertemuan Ilmiah Internasional/ Nommensen Health and Medical Sciences International Conference (NoHMSIC) yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 Juli s/d 9 Juli 2021 mendatang.

Penilaian poster dan esai dilakukan oleh dewan juri yaitu Dr. dr. Christine V.Sibuea,M.Biomed, Dr.dr. Jackson M.Siahaan, dan dr.Ristarin Zaluchu,MMEd. Poster ilmiah terbaik dimenangkan oleh Enjely Simbolon & Ignes Henny Salim dari FK UHKBP Nommensen. Untuk kategori Poster Edukasi terbaik dimenangkan oleh Tri Afni Marchelina dari FK Universitas Brawijaya Malang dan Esai terbaik dimenangkan oleh I Gst. Ngr. Andika Pradnyaningrat dari FK Universitas Warmadewa Bali. Para Pemenang juga nantinya akan mendapatkan hadiah uang dan sertifikat. Acara ditutup oleh Wakil Dekan dr. Okto P.E.Marpaung,MBiomed, dengan menyampaikan selamat kepada para pemenang dan kepada peserta yang belum berhasil agar tetap semangat dan terus mencoba pada kesempatan yang akan datang.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »